Wednesday, March 26, 2014

KERAGUANKU DALAM MENULIS

Hampir tujuh bulan aku menulis di blog dan ku posting pada beberapa grup kepenulisan. Entahlah, apakah sudah termasuk produktif atau masih tertatih-tatih, yang jelas selama ini masih ada keraguan dalam diri untuk menulis bebas, baik secara isi maupun jenis tulisan.

Selama ini aku menulis dengan satu patokan, ada pesan yang kusampaikan dengan harapan dapat diambil manfaat dan hikmahnya oleh pembaca.

Semua jenis tulisan aku coba, tapi ya itu tadi, masih dalam langkah yang ragu,

Selama ini aku lebih sering menulis tentang opini, curahan hati, true story atau rada-rada cerpen tapi terinspirasi true story, jadi lebih didominasi jenis nonfiksi.

Meskipun kadang aku membuat tulisan yang berupa pesanan dengan tema tertentu, tetap saja idenya kuambil dari kejadian nyata yang dengan tulisan itu mengerucut pada kesimpulan hikmah yang diharapkan.

Mungkin terlambat, tapi setidaknya upaya untuk memantapkan diri dalam menulis aku lakukan dengan mencari dasar hukumnya, karena aku menulis tidak sekedar bersenang-senang atau mencari popularitas, tetapi aku ingin apa yang kulakukan selalu bernilai ibadah, agar tak ada kesia-siaan dari waktu yang kugunakan.

Di bawah aku cantumkan salah satu link yang bisa kita baca, agar ilmu itu sampai dengan seutuhnya, aku hanya menyampaikan. mungkin ada teman yang juga mengalami kegelisahan yang sama denganku.

Satu hal tentang popularitas. Aku ingin populer, ingin dikenal lebih banyak orang agar apa yang kutulis lebih banyak yang membaca, lebih banyak yang mendapat manfaat, lebih banyak yang mengambil pelajaran, terinspirasi dan termotivasi.

http://alif-belajar.blogspot.com/2012/09/fatwa-fatwa-seputar-hukum-cerita-fiksi.html


No comments:

Post a Comment