Friday, March 21, 2014

AMBAK

Ini salah satu konsep belajar yang dikembangkan oleh Boby DePorter dengan Quantum Learningnya yang populer di tahun 90an.

AMBAK = Apa Manfaatnya BAgiKu.

Ketika kita tahu, ada manfaat dari ilmu yang akan kita pelajari, biasanya akan lebih bersemangat, antusias dan sungguh-sungguh memperhatikan.

Konsep ini sangat baik kita tanamkan pada diri sendiri, anak didik atau anak-anak kita, tidak hanya menyangkut mata pelajaran, tapi untuk seluruh aspek kehidupan.

Misalnya dalam menuntut ilmu agama, ketika kita tahu bahwa orang yang faham ilmu agama dan mengamalkannya adalah orang yang akan selamat dunia dan akherat, tentu itu memacu kita bersemangat mempelajarinya, menyediakan waktu dan biaya untuk mendukungnya, bukan sekedar kalau sempat atau kalau mood.

Kalau kita tahu, dengan bisa membaca Al Quran Allah akan membalas dengan kebaikan dari setiap huruf yang kita baca, tentunya tidak perlu malu kita mempelajarinya.

Kalau kita paham, dengan menulis banyak manfaat yang bisa kita berikan kepada orang lain dan itu akan mendatangkan pahala untuk kita, tentu tak akan segan berpayah-payah kita belajar dan berlatih menulis sampai suatu saat nanti karya kita memenuhi kriteria bagus dan disukai banyak orang.

AMBAK cukup mempan ketika kita memberikan pertimbangan pada pilihan sikap pada anak-anak kita.

No comments:

Post a Comment