Saturday, April 5, 2014

TADABBUR SURAT AL BAQARAH AYAT 24

"Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir." Terjemah QS Al Baqarah ayat 24.

Wah, sudah final! Tidak akan ada yang bisa! Iiih, kok matahin semangat gitu sih, kan belum nyoba? Mengapa mencoba sesuatu yang sudah dipastikan tidak bisa! Membuang waktu bukan?

Allah yang menciptakan manusia, Dia tahu ukuran kemampuan ciptaanNya. Lebih baik gunakan waktu untuk melakukan yang lain, yang kemungkinan bisanya masih ada.

Sayyid Quthb dalam tafsirnya, Fi-Zhilalil Qur'an, jilid 1 halaman 88, mengatakan:
" Setiap orang yang memiliki pengetahuan tentang cita rasa bahasa pengungkapan; setiap orang yang punya wawasan yang mendalam tentang berbagai pandangan manusia tentang wujud dan sesuatu; setiap orang yang memiliki pengetahuan tentang berbagai sistem, metodologi dan teori-teori psikologi atau sosial yang dirumuskan manusia. . .pasti tidak akan pernah ragu bahwa apa yang dikemukakan Al Qur'an dalam semua bidang tersebut, berbeda sama sekali dengan apa yang dibuat oleh manusia. Bila ada orang yang masih memperdebatkan masalah ini, maka tidak lain hanyalah karena kebodohan atau ada tujuan ingin mencampampuradukkan antara kebenaran dengan kebatilan."

Api neraka bahan bakarnya manusia dan batu? Manusia yang seperti apa?  Ya, manusia yang berkarakter batu:
"Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, engkau (Muhammad) beri peringatan atau tidak engkau beri peringatan, mereka tidak akan beriman." Al Baqarah ayat 7

Pilihan sudah tersedia, silahkan ambil yang disuka.

No comments:

Post a Comment