Friday, April 18, 2014

ADAM BERAKSI (TADABBUR 2:33)


“Saatnya giliran Adam beraksi.”


Allah berfirman,” Wahai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini.” Maka setelah diberitahukannya nama-nama benda itu, Allah berfirman,”Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan.” Terjemah Al Baqarah ayat 33.


“Jadi takut.”

“Takut kenapa?”

“Allah mengetahui rahasia. Jadi kita nggak bisa menyembunyikan sesuatu pun dariNya, bahkan desiran di hati.”

“Orang yang mengenal Allah dengan baik, akan selalu berhati-hati dengan sikapnya, batin maupun lahir. Orang seperti ini akan merasakan pengawasan Allah, dia akan selalu menjaga amalan batinnya. Berhati-hati sekali dalam berprasangka, baik kepada Allah dengan segala kehendakNya, maupun prasangka kepada manusia.”

“Apa kalau kita sudah mengenal Allah dengan baik, kita tidak akan berdosa?”

“Sangat sulit bagi kita untuk tidak melakukan dosa, karena tidak mudah  menaklukkan nafsu yang biasanya senang dengan kemaksiatan, tetapi setidaknya ada peningkatan dalam upaya mengurangi kemaksiatan itu karena takut pada pengawasan Allah, dan mengimbanginya dengan ketaatan.”

“Apakah orang-orang yang banyak melakukan kemaksiatan itu tidak tahu bahwa Allah selalu mengawasi?”

“Tahu! Hanya saja manusia mengabaikan hal itu karena keimanannya yang tidak terjaga. Hanya orang-orang yang beriman yang peduli dan berkeinginan untuk mengenal Allah lebih dekat. Hanya orang-orang yang beriman kepada hari pembalasan yang mau menghitung-hitung, apa yang akan diperoleh sebagai balsan dari apa yang dilakukannya.”

No comments:

Post a Comment