Saturday, April 5, 2014

TADABBUR SURAT AL BAQARAH AYAT 23

"Dan jika kamu meragukan (Al Qur'an) yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) maka buatlah satu surat semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar." Terjemah Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 23.

Al Quran diwahyukan lebih dari empat belas abad yang lalu, tapi hebatnya, isinya akan berlaku sampai akhir jaman, makanya, tantangan ayat ini juga berlaku untuk saat ini.

Hayo, para penulis hebat, para penyair, silahkan sambut tantangan ini, apabila ada keraguan di hati kalian tentang kebenaran Al Quran. Tantangan ini terbuka, untuk siapa saja yang berminat.
Boleh sendiri-sendiri atau bisa juga kolaborasi. Silahkan, yang punya penguasaan ilmu yang berbeda, bergabunglah, bersinergilah, buatlah satu surat saja.
Ayo yang merasa sastrawan, penyair atau pujangga. Atau yang saintis, logika, kimia, biologi, fisika, astronomi. Nah, silahkan juga para filsuf atau ahli tata negara, jendral perang. Silahkan kalau mau mencoba, karena semua ilmu yang ada, semuanya, sudah dibahas di dalam Al Quran.

Jika tak ada keraguan kalian, abaikan tantangan ini, ngga usah merepotkan diri, tinggal dipelajari dan di amalkan, sederhanakan? Tidak perlu repot-repot merumuskan dengan menghabiskan anggaran, di jamin! Kebahagiaan dunia dan akhirat akan didapatkan.

Di ayat ini juga Allah menyebutkan Muhammad, manusia berderajat tertinggi, sebagai hamba. Ini petunjuk bagi manusia, bahwa ketinggian derajat kemanusiaannya sangat ditentukan seberapa tinggi derajat kehambaannya. Siapa yang paling tunduk, paling merendahkan diri, paling taat kepada Allah, dialah yang derajatnya tertinggi, dan itu adalah Rasulullah Shalallahu'alaihi wassalam.

Jadi rumusnya, kalau ingin derajatnya meningkat, maka tingkatkan nilai kehambaan kepada Allah, semakin ikhlas, semakin taat, semakin takut, semakin tawadhu, semakin tawakkal, semakin cinta.


No comments:

Post a Comment