Thursday, April 3, 2014

TADABBUR SURAT AL BAQARAH AYAT 21

"Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa." terjemah QS Al Baqarah ayat 21

Timbul pertanyaan konyol, katanya Al Quran kitab suci orang Islam, kok isinya memanggil manusia? Bukan wahai orang-orang Islam? Sedangkan tidak semua manusia beragama Islam?
Bukankah itu berarti Al Quran berisi firman Tuhan yang telah menciptakan semua manusia? Bukan hanya Muslim?

Sebenarnya, fitrah manusia akan mencari sosok yang menciptakannya, memberinya rizki, memeliharanya, menghidupkannya dan kelak mematikannya.

Fitrah manusia juga untuk bersyukur dan berterima kasih kepada yang telah berbuat baik kepadanya, dan adakah yang melebihi kebaikan sosok yang menjadikannya ada dari tiada? Yang memberinya kehidupan dan mencukupi kebutuhannya?

Rasa terima kasih ini wujud dalam bentuk penyembahan, peribadatan.

Di sinilah akan timbul masalah. Tuhan layak di sembah dan manusia butuh menyembah. Bagaimana cara menyembah? Bagaimana cara beribadah?

Di sinilah  peran hidayah/ petunjuk. Sampaikah hidayah itu? Diterimakah petunjuk itu? Dan inilah yang kemudian membuat manusia terseleksi dan terlokalisasi, mana-mana yang mendapat hidayah, mana-mana yang menerima atau menolaknya.

Menyembah atau ibadah kepada Tuhan ada tujuannya, yaitu takwa. Ketika ibadah tidak menghasilkan takwa, maka perlu dicari tahu, di mana masalahnya? Niatnyakah? Caranyakah? Kerena ibadah dengan niat dan cara yang benar seharusnya menghasilkan takwa.

Sekedar mengingatkan, ciri-ciri orang takwa di ayat sebelumnya (3 dan 4):
"Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghoib, yang mendirikan sholat,yang menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka, dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat."



No comments:

Post a Comment