Tuesday, April 15, 2014

KELEBIHAN ADAM (TADABBUR 2:31)


“Mengapa manusia yang dijadikan khalifah?”

“Karena manusia diciptakan dengan kelebihan sebagai potensi untuk melaksanakan tugas sebagai seorang khalifah.”

“Apa kemampuan itu sehingga melebihi makhluk lain?”

“Kemampuan menetapkan nama-nama benda.”

Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berkata,’Sebutkan kepadaKu nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar.’”terjemah surat Al Baqarah ayat 31.

“Bukannya mudah menentukan nama benda?”

“Mudah kalau kita sudah diberi tahu sebelumnya, dan itulah potensi manusia. Bisa membayangkan ketika disebutkan nama sebuah  benda sedang kita belum diberi tahu sebelumnya, barangnya ini, namanya ini?”

“Nggak bisalah.”

“Bisa dibayangkan jika manusia tidak bisa memberi nama suatu benda, sedang di dunia ini begitu banyaknya benda yang berbeda bentuk dan fungsinya?”

“Ha ha, yang jelas kita akan sangat sulit berkomunikasi.”

“Contoh, ketika kita bertemu dengan orang bule yang nggak ngerti bahasa Indonesia, sedang kita juga sama sekali nggak ngerti bahas Inggris, dia minta water, kita nggak ngerti, tapi ketika dia memberi isyarat minum, maka kita ngerti, dia minta air. Bendanya sama, fungsinya sama, tapi namaanya berbeda. Untuk satu benda, kita sudah kebingungan, bagaimana kalau semua benda kita nggak tahu namanya?”

“Ha ha ha, nggak kebayang deh, mungkin suara kita nggak berfungsi.”

“Dan biasanya, yang pertama diajarkan orang tua kepada bayinya adalah nama-nama benda, mungkin kita tidak menyadari itu, tapi fitrah manusia ya seperti itu, hal penting pertama yang harus dikuasai manusia adalah memahami nama-nama benda yang dilihatnya.”

“Iya ya? Bisa jadi alasan itu tidak  disadari oleh orang tua kita, mereka hanya mengikuti naluri.”

“Dan Allah mengetahui, apa yang tidak kita ketahui. Jangan pernah merasa sombong dengan kelebihan ilmu yang kita miliki dibandingkan  orang lain, karena itu semua tidak akan terjadi jika Allah tak izinkan. Kita hanya dipilih Allah untuk menerima kelebihan itu. Sama halnya seperti Adam yang dipilih Allah untuk menerima ilmu yang tidak diberikan kepada malaikat.”

“Benar, seharusnya yang memiliki kelebihan ilmu, semakin bersyukur dan tunduk kepada Allah, karena telah dipilih untuk memiliki kelebihan itu.”
  

No comments:

Post a Comment