Thursday, April 17, 2014

MALAIKAT MENGAKUI KETERBATASANNYA (TADABBUR 2:32)


“Ketika malaikat diminta menyebutkan nama-nama benda yang ditunjukkan, tentu saja mereka tidak bisa, karena mereka tidak diberi tahu sebelumnya.”

Mereka menjawab.”Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Terjemah Al Baqarah ayat 32

“Ya iyalah. Kalau sebelumnya dikasih tahu, tentunya malaikat juga bisa.”

“Itulah yang terjadi. Selain Allah, tidak ada yang mengetahui sesuatu yang tidak diajarkan oleh Allah, memang DiaMaha Mengetahui.”

“Mengapa Allah memperlakukan malaikat dan Adam secara berbeda? Adam diajarkan ilmu memberi nama benda, sedang malaikat tidak?”

“Allah Maha Bijaksana. Bertindak sesuai kebutuhan dan ukuran. Malaikat tidak dikaruniai ilmu itu, karena mereka tidak membutuhkannya dalam misi penciptaannya. Sedangkan Adam, yang mengemban tugas sebagai khalifah, harus memiliki pengetahuan itu, agar misinya bisa terlaksana.”

“Apa itu bisa dibilang adil? Memperlakukan malaikat dan Adam dengan cara yang berbeda?”

“Adil tidak selamanya sama dalam perlakuan. Adil harus seiring sejalan dengan kebijaksanaan. Untuk apa malaikat diberi ilmu itu kalau dalam misinya tidak dibutuhkan?”

“Hmm, iya juga ya.”

2 comments: