Tuesday, June 3, 2014

ROJA' & KHOUF

<p>Roja' : Ar Roja' atau optimis adalah perasaan tenang pada diri seseorang, saat menunggu sesuatu yang disukai. Tetapi perasaan ini berdasarkan suatu alasan yang dapat diraih melalui penyebabnya, jika tidak ada penyebab sebagai jalannya, maka disebut angan-angan.

Khouf : Al Khouf atau perasaan takut timbul karena akan terjadinya perkara yang tidak disukai.</p>

Roja' : "...jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Seseungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir." QS Yusuf : 87

Khouf : Kadang ada bersit putus asa ketika doa yang panjang belum juga terkabul, khawatir tidak mendapat kesembuhan saat sakit yang lama dan katanya belum ada obatnya, memustahilkan suatu keinginan yang begitu menjulang. Adakah ini ciri-ciri kekafiran?

Roja" : "Barang siapa menghendaki keuntungan di akhirat, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barang siapa menghendaki keuntungan di dunia, Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia, tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat." QS Asy-Syura : 20

Khouf : Apa yang kukejar selama ini? Akhiratkah? Duniakah? Andai di mata Allah semua yang aku usahakan semata dunia, alangkah pailitnya? Aku lelah, cape, habis-habisan, kehidupan dunia juga nggak hebat-hebat amat. Semoga masih ada kesempatan untuk meluruskan haluan.

Roja' :  "Barang siapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah laa ilaha illallah, maka dia akan masuk surga." HR Abu Daud

Khouf : Aku muslim! Syahadatku laa ilaha illallah,tapi mampukah aku tetap dalam lafadz itu saat kematian menjelang? Hanya Dia yang tahu, kapan, di mana dan dalam kondisi seperti apa aku nantinya menemui kematian.

Roja' : "Dan Tuhanmu berfirman : Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." QS  Ghofir : 60

Khouf : "Ketahuilah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa dari seseorang yang lalai dan tidak serius" HR Tirmidzi.
Bagaimana doaku selama ini? Sudah sungguh-sungguh atau masih sambil lalu? Sudahkah syarat-syarat doa yang baik aku penuhi? Jangan sampai Allah memasukkan ke dalam golongan orang-orang yang sombong karena lalai dalam doa.

Ar Roja' dan Al Khouf harus selalu dihidupkan dalam diri, sebagai sebuah upaya untuk mengontrol perjalanan kehidupan. Agar tak terjadi terlalu yakin dan pede sebagai calon penghuni surga, juga tak terlalu yakin jatahnya di neraka. Agar tak terlalu yakin semua amalnya di terima, juga jangan sampai putus asa dari ampunan-Nya. Hari esok adalah rahasia, kerendahan hati sangat dibutuhkan untuk bersiap diri menjumpai apa yang menjadi jatah kita di esok hari.

No comments:

Post a Comment