Wednesday, June 18, 2014

Di Bulan Sya'ban Ini

Bulan Sya'ban belum habis, tapi tiga kabar duka telah sampai kepadaku.

Yang pertama ayah dari seorang sahabat. Semoga khusnul khotimah. Allah membersihkan dosa-dosanya, insyaallah, dengan sakit yang dideritanya. Semoga kesabaran dalam sakitnya memantaskannya untuk mendapat ampunan dan kembali kepada-Nya dengan keridhoan. Mungkin ada pihak yang menyesalkan, karena beliau sudah dijadwalkan berangkat ke tanah suci di musim haji tahun ini, tapi sekali lagi, manusia hanya berencana dan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Sedangkan apa yang terbaik bagi manusia, hanya Allah, yang Maha Tahu yang dhohir dan yang batin, yang luar dan dalam, yang dulu, sekarang dan nanti. Semoga pahala syahid tersandang untuk beliau, amin.

Yang kedua, ibu dari sahabatku yang lain. Subhanallah, seorang ibu yang gigih memperjuangkan keberhasilan pendidikan anak-anaknya. Di masa tuanya, beliau sehat, tidak merepotkan. Tetapi Kematian tidak harus didahului sakit yang panjang. Beliau wafat didahului dengan peristiwa kecelakaan, ditabrak kendaraan di jalan, ketika pulang dari masjid. Semoga khusnul khotimah dan pahala syahidah disematkan untuk beliau.

Yang ketiga, baru saja kabar itu sampai. seorang sahabat, dulu tetangga, juga layaknya kakak bagiku. Wafat, didahului peristiwa terjatuh saat dalam perjalanan dakwahnya. Beliau menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dengan mengikuti perjalanan dakwah, melanglang Indonesia, bahkan ke luar negeri. Semoga khusnul khotimah dan mendapat pahala syahid.

Benarlah kalau Rasulullah mengajarkan doa kepada kita, agar dipertemukan dengan Ramadhan. Semua itu mengingatkan, bahwa kita benar-benar tidak tahu, kapan umur kita berakhir.

Tak ada jaminan, kita akan meninggal di usia tua.

Tak ada jaminan, malaikat menjemput kita setelah bertaubat.

Maka, satu-satunya jalan selamat adalah, memastikan diri setiap saat dalam keadaan taubat dan berada di jalan Allah.

No comments:

Post a Comment