Monday, December 29, 2014

Petunjuk

Richie mampir ke tempat kos Radit yang  dekat kampus. Ada sedikit hal yang harus diubah dalam tugas yang harus dikumpulkan siang itu.

"Dit, pinjam Al Qur'an terjemah, dong?"

"Untuk apa?" tanya Radit, heran.

"Untuk mbenerin makalah, siang ini harus disetor," jawab Richie, sambil membuka notebooknya.

"Googling, ngapa?"

"Kuota abis. Lu ngapa sih, Dit, pelit banget! Bukannya cepet ambilin, malah banyak nanya."

"Chie,...gue nggak punya," jawab Radit, malu-malu.

"OMG! Dit, lo jadi muslim sejak kapan, sih? Masa Qur'an terjemahan nggak punya? Yang mualaf aja punya?" Richie setengah berteriak, menghempaskan punggungnya ke sandaran kursi, tangan kanannya menepok jidat sendiri. Radit hanya tersenyum malu.

"Pengen sih, beli, tapi belum punya duit.?"

"Pengen doang, giliran pegang duit, lupa."

"Serius, Chie!"

"Serius apa, kemarin lo baru ganti hape, padahal yang lama masih bisa dipake. Kalau serius, ya duluan beli Qur'an terjemah. Dit, kita nih butuh banget lho sama Qur'an terjemah, kan nggak bisa ngerti kalau cuma tilawah. Gimana mau meningkatkan pemahaman agama?"

"Gue pikir, dengan android sudah cukup."

"Ya nggak. Kecuali gangguan kuota yang kadang kosong, jaringan juga kadang terganggu."

"Penting banget ya, punya Qur'an terjemah?" tanya Radit.

"Untuk seorang muslim, ya. Al Qur'an adalah petunjuk hidup, berhubung berbahasa arab, maka untuk memahaminya kita butuh terjemahan. Tapi bukan berarti cukup hanya dengan membaca terjemah, harus ditambah kajian dalam bimbingan guru yang lebih paham."

"Gue ngaji sama elo aja, ya?"

"Ha ha ha, nggak ah! Gue juga barusan dikit-dikit belajar." jawab Richie.

"Lo ngaji sama siapa, Chie? Ikut dong, sekalian."

"Sama Umi. Mungkin Umi nggak mau, lo kan bukan mahram."

"Emang, lo mahramnya?"

"Lha iyalah, gue kan keponakannya. Ntar gue tanya ke Umi, kali-kali bisa kasih rekomendasi, lo suruh ngaji sama siapa. Gua juga selain sama Umi, ngajinya sama temen Abi. Tapi beneran, lo mau ngaji?"

"Suer, Chie. Gue juga kan takut mati."

No comments:

Post a Comment