Friday, January 2, 2015

Tahapan Membangun Generasi Robbani (1)

Generasi dambaan tidak terbentuk dalam sekejap! Perlu dipersiapkan dan direncanakan jauh-jauh hari sebelum kelahirannya.

Bagaimana tahapan ideal untuk membangunnya?

1. Mendoakaannya sejak di tulang sulbi ayahnya.

Suatu saat Rasulullah Saw. datang ke Thaif dalam rangka menyebarkan dakwah, mengenalkan Islam dan mengajak penduduknya untuk menyembah Allah saja.

Bukannya menerima dakwah itu, justru mereka memaki dan melempari beliau dengan batu. Atas izin Allah, malaikat penjaga gunung menemui beliau, menawarkan kesediaannya untuk menimpakan dua bukit Makkah ke penduduk Thaif, atas perbuatan yang tidak sepantasnya kepada seorang utusan Allah yang mulia. Tapi, apa jawab beliau kepada malaikat tersebut?
"Aku berharap, semoga Allah mengeluarkan  dari sulbi mereka orang-orang yang mau menyembah Allah semata dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun." (HR Bukhari & Muslim).
Ketika seorang laki-laki telah memasuki masa baligh, itu tanda sudah ada calon generasi dalam dirinya. Saatnya merutinkan doa untuk anak keturunannya sebagai generasi penerusnya.

Demikian juga ketika seorang wanita telah baligh, itu pertanda kesempurnaannya secara biologis sebagai seorang calon ibu telah sampai. Dalam dirinya bersemayam calon anak keturunannya. Anjuran yang sama, biasakanlah berdoa.

Bersamailah doa-doa itu dengan mempersiapkan diri, menyempurnakan karakter yang nantinya akan diturunkan sebagai karakter anak-anaknya, dengan membiasakan diri melakukan hal-hal yang baik.

Jangan lupa, selalu tambah ilmu untuk menyambut mereka. Jangan bilang kelamaan ya...karena waktu kita sebanyak apapun tak akan berlebih untuk mempelajari ilmu yang dibutuhkan.

No comments:

Post a Comment