Wednesday, December 17, 2014

Ta'aruf-Khitbah-Nikah-Walimah (2)

Masih tentang ta'aruf.

Bagaimana kalau tertarik dengan salah satu teman? Artinya sudah kenal kan? Apakah bisa langsung ke tahap selanjutnya, yaitu khitbah atau melamar?

Sebelum memutuskan untuk melangkah, hentikan sejenak untuk mengukur ketertarikan itu.

Tanyakan pada diri, apa yang membuat tertarik? Jawabannya harus jelas!

Biasanya kita akan tertarik dengan seseorang yang bisa membuat rasa nyaman dan aman.

Nyaman ketika terpenuhi kebutuhan dan pengharapan, misalnya kita butuh kasih sayang, maka akan merasa nyaman ketika bertemu dengan yang bisa memenuhinya.

Aman yaitu ketika seseorang menerima kita apa adanya.

Ketika perasaan nyaman dan aman itu kita dapatkan dari seseorang, biasanya kita anggap itu adalah rasa cinta.

Apakah adanya perasaan itu akan membuat rumah tangga nantinya akan bahagia dan berjalan sebagaimana seharusnya?

Tak ada jaminan tentang hal itu! Terlalu banyak contoh yang membuktikan bahwa cinta bukanlah satu-satunya modal untuk membina keluarga.

Untuk hidup berumah tangga yang diniatkan seumur hidup, kita perlu membuat kriteria yang jelas untuk pasangan, agar visi misi yang kita canangkan akan tercapai.

Hari esok benar-benar misteri. Kita sungguh tidak tahu apa yang akan terjadi. Maka akan lebih aman jika kita menjalani hidup ini sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Sang Pencipta kehidupan, sebagai sebuah jaminan kita aman dalam keridhoannya.

Sabda Rasulullah SAW :
“Seorang wanita biasanya dinikahi karena empat hal,yaitu karena hartanya, karena nasabnya (keturunannya), karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka utamakan memilih istri (wanita) karena agamanya. Kamu akan merugi (bila tidak memilih karena agamanya).” (HR. Bukhari,Muslim dan Abu Dawud)
Seorang yang paham agama, biasanya mengert akan posisinya sebagai pasangan, sehingga berusaha menumbuhkan rasa nyaman dan aman bagi pendampingnya. Itu sebabnya Rasulullah Saw menuntun umatnya memprioritaskan kebaikan agamanya sebelum mempertimbangkan masalah kekayaan, nasab/keturunan dan kecantikan/ketampanannya.

No comments:

Post a Comment