Wednesday, December 17, 2014

Ta'aruf-Khitbah-Nikah-Walimah (3)

Setelah yakin dengan pilihan berdasarkan alasan yang bisa dipertanggung jawabkan, lalu apa langkah berikutnya?

Ups! Sebentar, sebelum berlanjut, mungkin perlu diperjelas, tanggung jawab kepada siapa?

Yang pertama tentunya tanggung jawab kepada Allah, apakah dalam proses ini kita mengikuti tuntunan-Nya. Nikah adalah ibadah, bahkan dikatakan setengah agama, artinya sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ketika sudah mengikuti tuntunan-Nya sebisa mungkin, maka apapun haslnya ataupun bagaimana kehidupan selanjutnya, kita sudah terlepas dari tanggung jawab. Tidak ada beban kesalahan, karena saat memilih sudah berusaha sesuai tuntunan.

Kedua tanggung jawab kepada anak? Lho? Belum nikah kok ngomongin anak?

Ya, siapa pasangan yang kita pilih, berarti pilihan untuk anak. Memilihkan orang tua dan bibit karakter serta pendidiknya. Karakter seseorang tidak lepas dari karakter orang tuanya, terlepas berapa persen keterlibatannya. Normalnya, orang tua adalah pendidik pertama dan utama anak-anaknya, artinya seperti apa mereka nanti jadinya tergantung seperti apa orang tuanya.

Yang ketiga tanggung jawab kepada orang tua dan keluarga.

Menikah berarti menyatukan dua kelurga besar, yang tentunya beda latar belakang dan budaya. Kadang dalam urusan yang ketiga ini kita merasakan ribet, wajarlah, lebih banyak orang yang ingin diapresiasi. Dalam hal ini kita harus paham mana yang harus didahulukan, mana yang bisa diabaikan. Jangan sampai urusan yang tidak terlalu syar'i menghambat sebuah ketaatan pada Allah.

Kembali pada, langkah selanjutnya, apa?

Selalu libatkan Allah dalam setiap urusan. Walaupun kita sudah merasa cocok dengan seseorang sebagai calon pendamping, mohon pada Allah untuk memberi petunjuk dan kemantapan hati pada pilihan yang diridhoi-Nya. Bisa dengan shalat istiharah, shalat hajat, tahajud, dhuha atau berdoa di saat-saat yang mustajab.

Pilihan yang diridhoi-Nya akan memantapkan hati dan memberi ketenangan.

No comments:

Post a Comment