Wednesday, August 13, 2014

Realisasi Impian

Bersiap? Ini perjuangan yang sesungguhnya.

Impian tinggallah impian, jika tidak direalisasikan jadi sebuah kenyataan. Bahkan bisa disebut khayalan atau angan-angan. Indah bila dikenang, tapi tak tersentuh jangkauan. Paling juga senyum-senyum sambil mata menerawang menatap langit-langit, atau mata terpejam sambil menyelamkan angan pada yang didambakan. Ketika mata terbuka? Kecewa yang dirasa, ngilu di dada.

Setelah impian kita titipkan, segera  lakukan analisis SWOT sebelum mengambil langkah untuk mewujudkannya.

Apa itu analisis SWOT? Pisau ini biasanya dipakai untuk membedah suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis sebelum menyusun strategi (Wikipedia). Tidak ada salahnya kita gunakan pisau ini untuk membedah proyek menuju impian itu. Jadi, apa itu SWOT?

S = Strengths = kekuatan apa yang kita miliki.
W= Weaknesses = kelemahan yang ada pada kita.
O= Opportunities = peluang yang ada/ mungkin kita ambil.
T= Threats = ancaman apa yang akan kita hadapi.

Tapi tidak semua kita sukses menggunakan pisau ini. Sama halnya dengan semua jenis senjata, tingkat keberhasilannya sangat tergantung pada kemampuan sipengguna.

Ketika kita mampu mengenali kekuatan yang kita miliki, kita bisa memperkirakan, seberapa perlu kekuatan ini ditambah untuk sukses.

Ketika kita bisa menghitung kelemahan diri, tentunya harus berfikir, bagaimana agar kelemahan ini tidak menjadi penghalang dalam upaya pencapaian proyek ini.

Ketika kita berhasil membaca peluang yang mungkin dimanfaatkan, tentunya akan kita sinergikan dengan kekuatan yang sudah ada pada diri.

Ketika kita menyadari, berapa besar ancaman dan berasal dari mana dia berasal, kita harus cerdik mempersiapkan langkah-langkah untuk menghindari atau harus menghadapinya.

Teoritis banget yah? Yah, itu semua hanya teori kalau tidak segera kita lakukan!

Jadi?

Ya segera lakukan! Piye tho?

No comments:

Post a Comment