Thursday, July 31, 2014

Di Posko Mudik

<p>Ini tahun pertama aku mendapat tugas dari dinas kesehatan, sebagai akupunkturis di posko mudik. Dari informasi yang kudapat, memang baru tahun ini posko mudik ada pelayanan kesehatan alternatif, akupunktur dan akupresur.

Kami satu posko dengan utusan puskesmas dan rumah sakit, didampingi petugas dari dinas kesehatan, yang menjamin sarana dan alat kesehatan serta obat-obatan mencukupi kebutuhan.</p>

Salah satu tujuan dihadirkannya akupunktur dan akupresur, karena telah terbukti cara ini efektif untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang sering mengganggu perjalanan pemudik, seperti sakit kepala, pegal-pegal, otot kaku, mual, muntah, dll. Keramaian jalan raya dan kondisi kurang istirahat, sering menjadi pemicu keluhan-keluhan di atas.

Namanya alternatif, ya tentu saja menjadi pendamping yang utama, yaitu medis.

Posko kami bersebelahan dengan posko dinas perhubungan dan di depan posko kepolisian. Di bawah jembatan layang, di lampu merah yang selalu ramai.

Tidak terlalu banyak pasien yang datang, mungkin karena posisi yang kurang pas untuk perhentian dan beristirahat. Dan tidak semua pasien minta di akupunktur, jadi ya...berjaga dari jam 09.00 sampai dengan 15.00 tidak terlalu membuatku lelah, bahkan aku bisa tilawah, blogging, chatting, facebookan dan ngobrol dengan sesama petugas yang jaga.

Dua kali bertugas, belum ada pengalaman yang begitu berarti, entahlah besok. Masih ada dua hari lagi jadwalku di sini. Dengan teman tugas yang selalu berganti, setidaknya bertambah teman dan tukar pengalaman.

No comments:

Post a Comment