Friday, May 16, 2014

BAHAYA JAGUNG MANIS


<p> Hampir semingggu, menu berbahan dasar jagung manis menghiasi meja makan.

"Umi beli jagung, nggak?" tanya Harish, setiap bangun tidur. Atau, saat terasa perutnya minta diisi, dia akan menghampiriku dan bertanya," Umi buat bubur jagung, ya?"

Rupanya Harish sedang jatuh cinta degan jagung manis, dan seperti itulah
kalau dia senang dengan makanan tertentu </p>

Yag jadi masalah, bahayakah jika jagung dikonsumsi setiap hari?

KANDUNGN ZAT BERMAFAAT DALAM JAGUNG

1. SERAT, dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan, dapat mencegah sembelit, wasir dan kanker usus besar.
Selain iu juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama, cocok untuk yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan

2. KARBOHIDRAT, selain rasa manis yang membuat jagung enak di lidah, zat gula yang termasuk golongan karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, sebagai salah satu zat  yang harus ada pada jenis makanan pokok Istimewanya, zat gula yang ada pada jagung termasuk jenis yang rendah kadar indeks glikemiknya, sehingga baik bagi penderita DM

3. PROTEIN, berfungsi membantu proses memperbaiki jaringan yang rusak, meningkatkan kerja sel, meningkatkan daya tahan tubuh juga meningkatkan pelepasan insulin, yang juga dibutuhkan penderita DM

4. MINERAL
Fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Magnesium sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, sangat baik untuk penderita hipertensi.
Selain itu juga mengandung zat besi, mangan, seng dan tembaga, yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan semua fungsinya dengan baik.
Jagung juga kaya akan Kalium, yang bersifat diuretik (melancakan buang air kecil) yang membantu mencegah asam urat, menjaga kesehatan saluran kencing dan ginjal. Kalium sagat berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh

5. PROVITAMIN DAN VITAMIN
Vitamin B12 sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah, sehingga dapat mencegah anemi.
Vitamin B2 dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan fungsi sel.
Beta karotin dibutuhkan untuk membentuk vitmin A yang dibuuhkan untuk menjaga kesehatan mata
Vitamin B5 berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak.
Asam Folat, sangat dibutuhkan ibu hamil, karena membantu pertumbuhan dan perkeembangan janin, juga baik unuk produksi ASI
Asam Linoleat dibutuhkan untuk transportasi Vitamin D
Vitamin C yang dibutuhkan untuk meingkatkan daya tahan tubuh.

6. ZAT lain yang berfungsi untuk membantu mencegah  kanker, seperti, warna kuning pada jagung  menunjukkan adanya kandungan fenolik flavonid,

BAHAYA JAGUNG

Apapun, walaupun bermanfaat, bila dikonsumsi secara berlebihan tetap akan mendatangkan ketidaknyamanan, bahkan bahaya Demikiaan juga halnya, konsumsi jagung manis berlebihan, juga akan mendatangkan hal-hal sebagai berikut:

1. Sering BAK

Kalau kita sedang di rumah, mungkin tidak terlalu masalah kalau harus bolak-balik ke toilet, tapi bayangkan jika itu terjadi di tempat kerja atau sedang dalam perjalanan? Kandungan Kalium dalam jagung bersifat diuretik, artinya memperlancar pembuangan air seni.

2. Sering BAB

Kandungan serat kasar pada jagung sangat membantu dalam proses pencernaan dan menghasilkan banyak feses, sehingga produksinya meningkat. Akibatnya, frekwensi ke toilet untuk BAB juga bertambah. Bahkan, untuk orang tertentu, proses ini menimbulkan rasa mulas yang lumayan membuat nyengir dan mengurangi keindahan ekspresi wajah, he he.

3. Dapat memicu OBESITAS

Fruktosa yang terkandung dalam jagung, ternyata dalam penelitian menyebabkan obesitas pada tikus. Fruktosa dalam jumlah besar dapat menekan rasa kenyang dan itu memicu hepar memproduksi trigliserida, sehingga dapat menimbulkan obesitas.
Bila dikaitkan dengan fungsi serat yang menimbulkan rasa kenyang lebih lama dan membantu seseorang untuk mengurangi jumlah makan, tetapi dengan aktifitas hepar yang memproduksi trigliserida tujuan diet seseorang jadi terganggu.
Fruktosa berlebihan juga dapat menurunkan sensitifitas insulin, sehingga fungsi pengaturan kadar gula darahnya berkurang, inilah awal dari penyebab kencing manis.

Jadi kesimpulannya, tak ada yang sia-sia dalam semua ciptaan Allah, kebijaksanaan kitalah yang menentukan, seberapa tingkat manfaat yang bisa kita ambil dari setiap ciptaan itu. Dalam masalah kesehatan kita, alam telah tersedia sebagai solusinya.

sumber : manfaattumbuhanbuah,blogspot. (sudah bisa cari alamat blog, kan?)
              klikdokter.com
              dll

6 comments:

  1. Bisa buat diet nih soalnya sering BAK dan BAB, tapi kok juga bisa memicu obesitas. Wah, kudu piye ki aku Mak? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau masalahnya sering BAB dan BAK, justru kontra indikasi dong? cek lagi deh ke atas

      Delete
  2. semua makanan kalau berlebihan ya ga bagus mak hahahaha

    ReplyDelete
  3. benar mbak Susan, tapi dalam kondisi tertentu ada dosis yang dianjurkan sebagai obat, contoh dalam terapi jus.

    ReplyDelete
  4. berarti jagung manis bukan makanan yg berbahaya y mbak..karna sy baca katanya jagung manis ng boleh dimakan

    ReplyDelete