Friday, February 7, 2014

UBAH DUNIA DENGAN PENA

Wow! super!

Keren banget? Mimpi kaleee?

Pernah dengar atau baca istilah seperti judul di atas?

Itu bukan mimpi kosong, karena beberapa penulis sudah melakukan dan membuktikannya.

Bagaimana ceritanya pena bisa mengubah dunia? Hei- hei, bukan bentuk bumi loh yang berubah, tapi kondisi dunia ini yang berubah, dan pena yang dimaksud bukan pena sakti tapi tulisan, hasil pemikiran yang diabadikan dalam tulisan.

Gampangnya begini, misalnya saya membaca buku-buku karya Ibnul Qoyyum (terjemahan maksudunya he he), saya akan terpengaruh, kemudian saya akan mengubah pola fikir yang kemudian terefleksi dalam pola sikap dan pola hidup. Terjadi perubahan pada diri saya karena tulisannya, kalau ternyata sangat banyak orang yang seperti saya, berarti wajar kalau ada sebagian isi dunia berubah, karena bagaimana dunia tergantung manusianya.

Sangat mungkin semua penulis ingin mencapai itu. Yang jadi pertanyaan, dunia tentang apa yang ingin kita ubah? kemanusiaankah? pemerintahankah? moralkah? seni budayakah? pardigma berfikirkah?

Ini sebuah pertanyaan mendasar bagi seseorang yang benar-benar ingin menjadi penulis.

Penulis yang ingin mengubah dunia adalah penulis yang mempunyai tujuan jelas dengan kepenulisannya.

Jadi ini sepertinya perlu segera kita pikirkan, sebagai seorang calon penulis. Bukan untuk membatasi imajinasi dan kreasi, tapi lebih tepat untuk memberi arah dalam perjalanan.

Ibarat kita berjalan, dengan tujuan jelas tempat mana yng akan dituju, walaupun mampir-mampir, tetap saja terus melanjutkan perjalanan sebelum sampai tempat tujuan.

Kalau mau menghemat waktu, ya nggak usah mampir-mampir, fokus pada tujuan yang telah dicanangkan, tapi hati-hati, kalau nggak ada mampir-mampirnya, nggak ada variasinya, sering didatangi mba beti eh...bete.

2 comments:

  1. Iya betul mak,mengubah dunia dr pena kita,bisa bgt!

    ReplyDelete
  2. dengan pena kita ubah dunia ke arah yang lebih baik, semua kita bisa melakukannya, karena sangat fleksibel, tak harus memiliki jenjang pendidikan dan profesi tertentu.

    ReplyDelete