Saturday, February 22, 2014

TADABBUR 2 : 11-20

Al Quran surat Al Baqarah (surat ke 2) ayat 11 sd 20 masih membicarakan tentang orang munafik. Silahkan untuk tilawah dan terjemahannya buka  Al Quran ya?

Dalam sepuluh ayat ini kita akan menemukan karakterstk orang-orang munafk :

1. Ketka melakukan kesalahan enggan bahkan menolak untuk diingatkan, bahkan berdalih bahwa yang dilakukannya adalah kebakan, memperbaiki kerusakan, dengan kepiawaiannya memainkan logika (ayat 11).

2. Tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya bersifat merusak. Dalam hal ini ada dua kemungkinan, bisa jadi karena ketidak tahuan atau justru ia melakukan pengrusakan dengan pengetahuan, kemudian bersembunyi dengan dalil-dalil yang seolah-olah membenarkan tindakannya (ayat 12).

3. Menolak beriman karena sombong, bahkan melecehkan orang-orang beriman dan mengatakannya sebagai orang yang kurang berakal (ayat 13).

4. Oportunis dan plin-plan, ketika bersama-sama orang beriman mengaku beriman, ketika bersama orang kafir, mengingkari keimanannya, agar aman dan mendapat keuntungan (ayat 14).

5. Ketika diberi hidayah, akan diabaikan, diberi petunjuk malah memilih kesesatan (ayat 16).

Kemudian, apa akibat yang akan diterima karena kemunafikannya?

1. Akan diolok-olok dan disesatkan Allah, melebihi olok-olok mereka terhadap orang-orang beriman.
    Allah Maha Kuasa mewujudkan olok-olok itu di dunia atau di akherat (ayat 15)

2. Ibarat mereka menyalakan api, menerangi sekeliling, orang lain mendapat manfaat dari penerangan itu. tapi justru bagi mereka tak memberikan manfaat, karena Allah Maha Kuasa melenyapkan cahaya itu untuk diri mereka (ayat 17)

3. Mereka ibarat orang yang bisu, tuli dan buta, tersesat dan tidak bisa kembali ke jalan yang benar (ayat 18).

4. Suatu saat mereka akan mengalami kondisi ketakutan, kegelapan, kengerian, tertatih-tatih mencari arah dan pegangan, tapi tak ada yang menolong, mereka takut mati karena nuraninya percaya bahwa hari pembalasan itu pasti (ayat 19-20).

Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

***

#Tadabur ini merupakan perenungan saya dalam upaya memahami ayat-ayatNya, semoga ada manfaatnya untuk yang lain.

#Dalam pengamalannya, kita coba menghindari dan sedikit demi sedikit mengikis habis karakter munafik yang mungkin masih ada dalam diri kita masing-masing.

#Dengan memahami karakter munafik, kita berusaha menjauhkan diri darinya, juga berhati-hati dengan orang yang mempunyai karakter seperti ini, tapi bukan untuk menuduh dan memvonis orang lain, karena kita berharap akan ada perubahan pada yang bersangkutan.

#Barokallah.

No comments:

Post a Comment