Sunday, February 2, 2014

TADABBUR 2 : 1 - 10

Ini tugas dari grup TODAY : kirimkan hasil tadabur masing masing ke grup serta amalan dari ayat-ayat tersebut.

Bismillah

* Surat Al Baqarah merupakan surat dengan nomor urut 2 dalam Al Quran ( dalam catatan kaki sering disingkat QS 2 : . . .) terdiri dari 286 ayat, termasuk ayat-ayat Madaniyah.

* Ayat 1 sebagai pembuka, banyak ulama menafsirkannya dengan beberapa pendapat, masuk kategori ayat mutasyabihat, jadi serahkan pada Allah, nggak usah pusing.

* Ayat 2 berisi doktrin, pemberitahuan dari Allah bahwa Al Quran tidak boleh diragukan, petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Jadi, kalau berminat menjadi anggota komunitas orang yang bertaqwa maka tidak boleh ada sedikitpun keraguan tentang Al Quran sebagai petunjuk baginya dalam menjalani kehidupan.

* Ayat 3 sd 4 memberitahukan kepada kita ciri-ciri orang yang bertaqwa, yaitu:
- beriman kepada yang ghaib
- mendirikan sholat
- menunaikan zakat bagi yang telah memenuhi ukuran
- beriman kepada Al Quran dan kitab-kitab sebelumnya
- beriman kepada adanya kehidupan akherat

 Kesimpulannya,  kalau berminat menjadi seorang yang bertaqwa, harus memiliki ciri-ciri yang disebutkan, jika belum memiliki ciri-ciri itu, maka berusaha keras untuk mengupayakan diri memenuhi ciri-ciri tersebut, pastinya itu akan terwujud dengan menimba ilmu.

>Bagaimana kita akan beriman kepada yang ghoib kalau belum tahu apa yang dimaksud dengan yang ghoib?
>Bagaimana akan mendirikan sholat kalau belum tahu caranya sholat?
>Bagaimana bisa menunaikan zakat, kalau belum tahu apa-apa yang harus dibayarkan zakatnya dan berapa membayarnya?
>Bagaimana beriman kepada Al Quran kalau sekedar membaca hurufnya belum bisa, apa isinya tidak tahu, karena beriman dengan Al Quran berarti beriman dan mau menjadikan Al Quran sebagai petunjuk hidup. Ibarat peta sebagai petunjuk jalan, bisakah kita menjadikannya sebagai petunjuk kalau membaca dan memahami isinya saja kita tidak tahu?
>Bagaimana kita akan beriman pada kitab-kitab sebelum Al Quran, kalau posisi kitab-kitab itu setelah turunnya Al Quran kita tidak tahu?
>Bagaimana kita akan beriman kepada kehidupan akherat, kalau informasi tentang itu kita tidak tahu?

* Ayat 5 sebuah kabar gembira, bahwa orang-orang yang mendapat petunjuk, yaitu yang menjadikan Al Quran sebagai petunjuk hidupnya dikatakan sebagai orang yang beruntung.

* Ayat 6 dan 7 menceritakan tentang orang-orang kafir dan karakternya :
- diberi peringatan atau tidak, tetap saja kafir
-Allah akan mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka tertutup dan pastinya mereka akan mendapat azab

Kita kadang masih memiliki karakter orang kafir ini, diberi tahu cuek, diingatkan pura-pura nggak dengar, juga masih sering tidak bersyukur bahkan mengingkari nikmat yang sudah begitu banyak kita terima, kita tutup nurani menyaksikan kemungkaran yang semakin merajalela, bahkan kita termasuk di dalamnya. Hati-hati, jangan sampai Allah kunci hati, pendengaran dan pandangan kita dari peringatan dan pelajaran berikutnya, sampai akhirnya masuk ke dalam golongan orang-orang yang pantas mendapat adzab dari Allah. Orang orang yang dijauhkan dari petunjuk, naudzubillahi mindzalik.

* Ayat 8-9-10

Tiga ayat ini menceritakan tentang karakter dan akibat yang akan didapat oleh orang-orang munafik.
Mereka mengaku beriman kepada Allah dan hari akherat, tapi Rasulullah telah menjelaskan tentang ciri-ciri orang munafik; jika bicara penuh berdusta, jika berjanji mengingkari, jika diberi amanah dilalaikan, naaaah, jangan-jangan kita masih punya kebiasaan orang munafik ini ya?

Mereka bermaksud menipu Allah, ha ha padahal sebenarnya mereka menipu diri sendiri. Bagaimana tidak? Dengan kesholehan dan ketaqwaan yang mereka tampakkan dihadapan manusia, seolah mendapatkan banyak simpati dan sahabat manusia, dikatakan orang beriman, orang sholeh, orang dermawan, tapi karena itu semua dilandasi bukan karena iman, sekedar mencari popularitas untuk suatu saat menghancurkan orang lain, menghancurkan umat, maka bersiaplah dengan kekecewaan, dengan stress yang membawa kegilaan, dengan adzb dunia bahkan akherat.

Hati mereka penuh penyakit, iri, dengki, hasud, penuh intrik, amarah, dendam, dll. Dengan berbagai penyakit hati itu, mungkinkah akan merasakan kebahagiaan?

Jelas hidupnya tidak tenang, takut ketahuan niat jahatnya, wajah harus selalu bertopeng, berusaha jaga imej, selalu memikirkan penampilan,, sibuk dengan apa pendapat orang.

Ssssst, hati-hati, walaupun kita sudah tahu ciri-ciri orang munafik, jangan sembarang tuduh kepada orang lain yah, kan kita tidak tahu isi hatinya? Lebih baik tunjuk diri sendiri, koreksi diri sendiri, kalau masih ada karakter itu, segera hilangkan, supaya kita bebas dari ikatan karakter orang munafik.

Terakhir, bagaimana amalan hasil tadabur ayat-ayat ini?

Ini yang harus diperjuangkan :
- selalu bersemangat mempelajari Al Quran :
* belajar sungguh sungguh membaca Al Quran sesuai tajwid bagi yang belum bisa.
* tilawah rutin bagi yang sudah bisa, dengan terus meningkatkan target tilawah hariannya.
* berusaha menghafalkan, minimal untuk memperkaya bacaan sholat dan ayat-ayat yang mengingatkan, lebih baik lagi bila bercita-cita dan berusaha mencapai gelar Hafidz Quran, hafal seluruh Al Quran, sebagai kedudukan mulia disisi Allah.
* sedikit-sedikit memahami isi Al Quran dengan berbagai cara dan media, salah satunya dengan bergabung di grup TODAY
* mengkritisi diri dari karakter orang kafir dan munafik, dan berusaha keras untuk mengikisnya.

Alhamdulillah sudah mentadaburi, Bismillah yok kita amalkan.

No comments:

Post a Comment