Friday, December 6, 2013

JALAN PAGI

Udara pagi yang sejuk segar menelusup ke pori-pori kulit ketika kubuka pintu. Tepat pukul lima pagi, sepulangnya dari masjid Abi mengajakku ke luar untuk jalan jalan menyusuri jalan di perumahan menuju perumahan sebelah yang lokasinya lebih tinggi. Agak lumayan berat ketika berangkat.

"Kapan terakhir kita jalan pagi Bi?"

"Ya...seumuran Harish, empat tahunan."

"Sudah lama banget ya?"

"Kita mulai lagi aja, sekarangkan sudah memungkinkan untuk melakukannya."

"Setiap hari?"

"Minimal sepekan dua kali."

Jalan, pagi, kegiatan sehat yang sudah lama kami tinggalkan karena kondisi tidak memungkinkan. Kami tinggal di perumahan, bersebelahan dengan perumahan lain yang lokasinya diperbukitan. Sejak aku melahirkan kami, tidak bisa melakukannya karena si kecil belum bangun, andainyapun dibangunkan, pasti rewel. Tidak bisa juga ditinggalkan karena tidak ada orang dewasa yang bisa menjaganya, kakaknya sibuk mempersiapkan diri untuk sekolah, dan lagi mereka masih usia SD, belum bisa mengatasi kerewelannya.

Di usianya sekarang, hampir 4 tahun, perkembangan sepekan terakhir aku perhatikan sudah ada perubahan dalam hala urusan bangun tidur, itu sebabnya kami berani meninggalkannya untuk jalan pagi.

Selain untuk menjaga kesehatan, jalan pagi kami sebagai pengganti ruang rapat, bahkan ruang sidang. Kami bisa membahas berbagai permasalahan yang sedang dihadapi tanpa harus menjaga dari pendengaran dan pandangan anak anak, yang karena peka dan kritis, mereka suka menanyakan masalah masalah yang seharusnya belum mereka fikirkan.

Jalan pagi kami juga bisa jadi ruang  AMT, saat tepat untuk saling memotivasi ketika ada kelesuan dalam menjalani kehidupan, melemah dari sisi ibadah, dalam usaha, dakwah, dll.

Jalan pagi kami juga sekalian sebagai rekreasi, mampir sarapan nasi uduk atau bubur ayam, sekalian belanja di warung sayur membeli keperluan dapur.

Jalan pagi kami, juga bisa berfungsi untuk tegur sapa dengan tetangga yang sudah keluar rumah, entah itu membuang sampah atau momong anak.

Sekali langkah banyak hal yang dapat kami lakukan, kami capai, kami hasilkan.

Tertarik? Silahkan coba, sesuaikan dengan ketersediaan waktu. Hanya butuh 15 menit sd 1 jam saja.

No comments:

Post a Comment