Thursday, September 12, 2013

STROKE 4/ GOLDEN PERIODE

Golden periode atau periode emas adalah waktu yang sangat berharga bagi seseorang ketika terkena stroke awal untuk segera mendapat pertolongan oleh rumah sakit yang terdekat dan mempunyai fasilitas penanganan stroke.

Waktu yang dimiliki sebagai golden periode hanya 3 - 6  jam, bila terlambat sehingga baru mendapat pertolongan setelah waktu tersebut, maka penderita akan mengalami kecacatan yang berat, karena penanganan saat golden periode menentukan berat ringannya kecacatan penderita stroke, selain juga ditentukan oleh jenis stroke yang ada pada seseorang.

Golden periode harus benar benar dioptimalkan penggunaannya, karena apabila terjadi stroke, maka otak perlu segera mendapat pertolongan dan penanganan yang tepat untuk mencegah perembesan darah dan perluasan kerusakan otak. Dirumah sakit, tersedia obat obatan yang dapat mengurai penggumpalan darah dan ada pula yang melancarkan aliran darah ke otak, tetapi obat obatan ini hanya akan efektif jika digunakan paling lama 3 jam setelah serangan ( yaitu sebelum melewati masa golden periode). Lebih dari 3 jam, pemberian obat obatan itu tidak lagi efektif, bahkan sama sekali tidak bermanfaat. Maka jika datang terlambat, kemungkinan pasien akan ditawari operasi untuk mengangkat gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah otak, dan itu hanya bisa dilakukan di rumah sakit besar yang mempunyai pusat penanganan stroke dan mempunyai dokter spesialis bedah syaraf.

Di rumah sakit akan segera dilakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah termasuk stroke sumbatan, atau stroke perdarahan. Begitu juga akan dicari penyebab perdarahannya, lokasi mana di otak yang terserang, apakah bisa diatasi dengan obat penghancur bekuan darah atau tidak.
Pemahaman tentang pengenalan tanda tanda serangan stroke awal ( ada di artikel stroke 2 ) sangat sangat membantu dalam pengambilan tindakan cepat, sehingga golden periode dapat dimanfaatkan secara optimal.

No comments:

Post a Comment