Saturday, September 7, 2013

STROKE 1

Stroke ?
Wiiih . . . . serem!
Kalau mendengar istilah yang satu itu, yang akan terbayang pada kebanyakan kita adalah mulut miring sebelah, atau lumpuh sebelah, duduk dikursi roda, pake pembalut raksasa, butuh bantuan orang lain, tidak produktif, bahkan koma dan tidak menutup kemungkinan kemudian titik.

Sebenarnya makhluk eh . . . penyakit apa mr. stroke ini?

Menurut ilmu kedokteran barat / modern,
STROKE ADALAH SERANGAN OTAK YANG TIMBUL SECARA MENDADAK, DIMANA TERJADI GANGGUAN FUNGSI OTAK SEBAGIAN ATAU MENYELURUH SEBAGAI AKIBAT DARI GANGGUAN ALIRAN DARAH YANG DISEBABKAN OEH SUMBATAN ATAU PECAHNYA PEMBULUH DARAH DI OTAK, SEHINGGA MENYEBABKAN SEL SEL OTAK KEKURANGAN DARAH DAN OKSIGEN SERTA ZAT ZAT MAKANAN. HAL INI AKHIRNYA MENIMBULKAN KEMATIAN SEL SEL TERSEBUT DALAM WAKTU RELATIF SINGKAT.

Otak adalah sebuah organ unik yang menentukan fungsi mental serta mengendalikan perilaku dan fungsi tubuh lainnya. Pada orang dewasa, otak membentuk hanya sekitar 2 % (sekitar 1,4 kg) dari berat tubuh total, tetapi mengkonsumsi sekitar 20 % oksigen dan 50 % glukosa yang ada di dalam darah arterial.Otak tidak menyimpan oksigen dan nutiren dalam jumlah yang signifikan, sehingga, agar berfungsi dengan optimal, otak memerlukan pasokan darah secara konstan 24 jam dari arteri.Agar berfungsi normal, otak harus menerima lebih kurang 1 liter darah permenit, yaitu sekitar 15% dari darah total yang diompa oleh jantung saat istirahat.
Sel otak merupakan sel tubuh yang paling sensitif terhadap kekurangan oksigen dalam darah. Interupsi aliran darah arteri ke otak hanya selama 7-10 detik sudah dapat menimbulkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki ( kematian sel otak/neuron ) di bagian otak yang bersangkutan. Namun otak dapat memperbaiki dirinya sendiri sampai tahap tertentu, tetapi kemampuan adaptif ini masih belum sepenuhnya difahami.

Bersambungggggg, sabar ya?

No comments:

Post a Comment