Monday, September 23, 2013

MENJADI WANITA CERDAS ( 1 )

( pernah  dimuat di buletin FATHONAH no 1 tahun 1, JUNI 2006, ditulis oleh Neny Suswati )

"Sesungguhnya Kami telah menciptaka manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya." ( QS At Tin ayat 4 )

Salah satu keistimewaan manusia dibandingkan dengan makhluk yang lain, di samping manusia diberi kesempurnaan dan keindahan tubuh, manusia juga diberi otak sebagai pemberian terbaik dari Allah.
Secara fisik kita memiliki otak yang sama, bahkan dibandingkan dengan orang yang sangat cerdas sekalipun, seperti Einstein. Persoalannya adalah, apakah otak itu dilatih dan difungsikan secara optimal, ataukah disia siakan? Bisa jadi kita sangat menonjol dalam satu atau beberapa jenis kecerdasan, cukup berkembang pada kecerdasan tertentu dan relatif lemah pada kecerdasan yang lain. Hanya orang orang tertentu saja yang sangat menonjol pada hampir semua aspek kecerdasan.

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN KECERDASAN

1. Memiliki pengetahuan yangluas tentang kecerdasan. Informasi yang kita ketahui tentang kecerdasan akan mempengaruhi tindakan tindakan atau upaya upaya kita terhadap pengembangan kecerdasan, contoh:
* Ketika kita tahu bahwa kecerdasan bukan semata mata ditentukan oleh faktor keturunan, maka kita akan optimis bisa menjadi lebih cerdas walaupun orang tua kita tidak terlalu menonjol kecerdasannya.
* Ketika kita tahu bahwa kecerdasan bukan semata mata prestasi akademik/ nilai pelajaran di sekolah, kita tidak akan putus asa malihat kenyataan bahwa anak kita bukan yang terbaik nilainya di sekolah, karena kesuksesan hidup seseorang tidak semata mata ditentukan oleh prestasi akademik di sekolah. Orang tua bisa meihat kecenderungan dan kelebihan anak dalam bidang lain, apakah kemampuan bahasanya, olah tubuhnya,seni atau keakrabannya dengan alam sekitar. Kelebihan kelebihan tersebut bisa dikembangkan hingga suatu saat nanti kita menyaksikan dengan sisi kecerdasan yang mana anak anak kita menuai sukses dan menikmati kebahagiaan hidupnya.

2. Pengaruh keluarga
Dimulai dari keluargalah lahirnya anak anak berprestasi. Peran dan pengaruh keluarga sangat besar, baik positif ( mendorong, mengembangkan dan menguatkan ) maupun negatif ( melemahkan ) potensi kecerdasan anak. Orang tua yang memahami seluk beluk perkembangan kecerdasan anak diharapkan mampu mengembangkan kecerdasan anak anaknya sesuai dengan potensi yang dimiliki masing masing anak.

3. Ketersediaan sarana
Perkembangan potensi kecerdasan yang ada pada diri seseorang juga dipengaruhi oleh ada tidaknya sarana dan kesempatan yang menunjang pengembangan potensi kecerdasan tersebut, contoh:
* Seseorang yang mempunyai kecerdasan bermusik mungkin tidak bisa berkembang karena tidak ada kesempatan baginya berlatih disebabkan ketiadaan alat musik yang dibutuhkan.
* Seseorang yang berpotensi menulis akan lebih produktif jika dia memiliki komputer kemudian ada media atau penerbit yang mempublikasikan karyanya, dengan sarana tersebut dia lebih mudah mengembangkan kecerdasan bahasanya.

4. Motivasi
" Seseorang membayangkan di dalam benaknya tentang suatu prestasi, sebuah karya atau suatu keberhasilan yang ingin dicapai dan diwujudkan, kemudian dia mengambil langkah untuk mewujudkannya," itulah motivasi diri. Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuhnya motivasi diri, seperti apa yang didengar, dilihat, dibaca, dialami dan lain lain.

No comments:

Post a Comment