Tuesday, August 2, 2016

Rumah Produktif dan Berkah

Tahun 1996, kami bertetangga dengan keluarga yang memiliki lima orang anak, tapi tinggal di rumah kontrakan yang setiap waktunya membayar sering tidak memegang uang cukup, sedang kami jarang bisa membantu meminjaminya, apalagi kalau bertepatan dengan tahun ajaran baru.

Kehidupan mereka membuat kami bertekad, sebelum anak-anak sekolah yang membutuhkan biaya banyak, harus sudah tinggal di rumah sendiri.

Alhamdulillah, mungkin Allah memberikan rizki sesuai dengan yang kita tekadkan. Tahun 2001, cita-cita itu terwujud. Kami menempati rumah yang sesuai kebutuhan, walau sederhana. Sebuah rumah di pojok komplek, yang kami tinggali setelah direhab secukupnya, setelah beberapa tahun, ada kondisi yang memaksa kami melakukan rehab kedua, hingga kini tak lagi sempat tersentuh untuk rehab tahapan berikutnya.

Kami punya konsep, bagaimana agar rumah bisa produktif dan berkah. Alhamdulillah, Allah memberi kami kesempatan untuk mewujudkannya.

Selain untuk membina keluarga, rumah ini juga selalu produktif dari sisi ekonomi, walau sekedarnya, pernah menjadi tempat usaha ; konveksi, catering, produksi makanan dan minuman ringan, rumah terapi. Juga bermanfaat dari sisi keilmuan dan sosial ; TPA, lembaga kursus, majelis ta'lim dan rumah tahfidz.

Kami ingin terus meningkatkan produktivitas dan keberkahannya dengan berbagai aktivitas positif, selain sebagai rumah yang memunculkan para hafidz/oh Qur'an.

Salah satu yang sedang kami pikirkan adalah mendirikan perpustakaan! Tunggu konsepnya, yaaaa.

No comments:

Post a Comment