Sunday, January 31, 2016

Hanya Sebentar di Neraka?

Dan mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja". Katakanlah: "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?"
(Bukan demikian), yang benar: barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.(Terjemah QS. Al-Baqoroh : 80-81)

***

Memang, ayat di atas bercerita tentang Bani Isroil, bagaimana mereka meremehkan dosa-dosa yang telah diperbuat dan menganggap ringan beberapa hari disentuh api neraka.

Tapi, saat berkaca diri, mengevaluasi hati, terasa mengerikan sekali. Takut termasuk orang-orang yang bersifat dan berkata serta bertindak seperti mereka. Meremehkan dosa saat meninggalkan perintah Allah atau justru melanggar latangan-larangan-Nya. Melupakan begitu saja, seakan yakin bahwa Allah telah mengampuni. Belum lagi saat tidak sadar, dalam pengertian ketiadaan ilmu, berkata dan beranggapan yang salah tentang hukum-hukum Allah. Lebih parah lagi kalau dosa-dosa itu menginspirasi orang lain untuk juga melakukannya.

Astaghfirullah!

Yaa Ghofur...mohon, ampuni kami karena kebodohan dan kelalaian ini.

Allahumma ajirna minannaar, jauhkan kami dari neraka sejauh-jauhnya.

No comments:

Post a Comment