Saturday, January 30, 2016

Sabar dan Sholat sebagai Penolong

Semua kita hampir pasti pernah mengalami kondisi sulit yang butuh pertolongan untuk keluar dari situasi itu.

Allah sudah memberi tahu bagaimana caranya menghadapi situasi seperti itu, yaitu dengan bersabar selama menjalaninya dan mohon jalan keluar dengan doa, utamanya sholat. Tentu juga dengan ikhtiar sebagai bentuk kesungguhan dari realisasi doa yang kita panjatkan.

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (Terjemah QS.Al-Baqoroh : 45-46)

Tapi sebagian kita justru lebih fokus pada ikhtiar, menggantungkan harap pada sesama makhluk, bahkan kadang lupa bahwa Allah Maha Kuasa melakukan apapun, termasuk mengeluarkan kita dari kesulitan itu, Allah Maha Berkehendak, tak kan ada yang terjadi tanpa izin-Nya.

Memang, sepertinya kita harus bersegera sesering mungkin membuka-buka buku petunjuk hidup kita, Al-Qur'an, sedikit-sedikit mencoba memahami makna yang terkandung di dalamnya, walau mungkin dengn ilmu yang sangat tidak memadai.

Yakinlah dengan janji Allah, bahwa Al Qur'an mudah dipelajari, sambil terus menambah keilmuan agar pemahaman kita lebih mendekati sesuai dengan maksud Allah.

No comments:

Post a Comment