Thursday, March 31, 2016

Bekali Anak dengan Ketrampilan

Sering ngobrol dengan ibu-ibu yang mengeluhkan anak gadisnya tidak tahu urusan dapur, tidak peka urusan rumah tangga, dsb.

Tiap keluarga memang punya metode masing-masing dalam pendidikan keluarga, termasuk melatih ketrampilan dalam urusan pekerjaan rumah tangga.

Kondisi setiap keluarga memang berbeda, entah itu dari keadaan ekonomi, pendidikan, pekerjaan orang tua dan terutama visi misi keluarga itu.

Dengan alasan kesibukan sekolah dan lebih penting belajar, bisa jadi seorang anak dibebaskan serta tidak pernah dilatih untuk melakukan tugas tertentu di rumah

Atau karena selalu ada asisten keluarga di rumahnya. Sebab lain, karena ibu full di rumah, sehingga semua urusan rumah ditangani sendiri.

Sebenarnya yang jadi masalah pokok bukan orang tua terbantu, tapi lebih pada rasa kasihan pada anak kalau nantinya mereka tidak siap menghadapi situasi yang berurusan dengan ketrampilan itu.

Ketika anak-anak terlatih, setidaknya pernah diberi kesempatan melakukannya, tentu hal itu sangat berarti untuk bekal hidupnya. Bagaimana masak, membersihkan rumah, cuci setrika pakaian, dll.
Saat ibu sakit atau asisten keluarga libur, tentu tidak akan terlalu berpengaruh pada urusan rumah tangga.

Allah melarang meninggalkan anak-anak yang lemah di belakang kita, salah satunya adalah dengan membekali ketrampilan sebagai pelengkap kemandiriannya.

#sssst! di buku Beranda Harish ada lho caranya 

  

No comments:

Post a Comment