Tuesday, November 18, 2014

Menikah Karena Allah

Menikah Karena Allah

Menikah itu sangat mudah! Hanya mengucapkan ijab kabul yang hanya butuh waktu beberapa menit, bisa mengubah sesuatu yang haram menjadi halal. Menjadikan suatu perbuatan keji menjadi amal ibadah.

Tapi fenomena yang ada sekarang, alangkah banyaknya pemuda pemudi yang usianya sudah lama baligh sebagai tanda kesiapan secara biologis, belum juga menikah. Okelah, mungkin karena belum mampu secara finansial, tapi apa ukurannya?

Ada lagi yang menambahkan kriteria tanda siap nikah: lulus sarjana, pekerjaan mapan, penghasilan tetap, dan lain-lain yang semuanya bersifat  materi.  Belum lagi menentukan kriteria calon pasangan, entah itu ukuran keyakinan, fisik, hobi, profesi dan sebagainya. Oh ya, satu lagi, menikah dengan pasangan yang dicintai. Ck ck ck, ya pantes aja ribet?

Menikah karena Allah itu sederhana, kok! Niatkan menikah karena taat kepada Allah dengan mengikuti aturan-aturannya.
Pertama, manusia menikahlah dengan manusia.
Kedua, laki-laki menikahlah dengan perempuan.
Ketiga , seorang muslim menikahlah dengan seorang muslimah, boleh juga dua, tiga atau empat, kalau mampu bertanggung jawab di hadapan Allah.
Keempat, kalau ingin mendapatkan pasangan yang taat kepada Allah, berusahalah untuk meningkatkan ketaatan pada Allah, sebagai upaya memantaskan diri.
Kelima, kesamaan fikroh. Seorang aktivis dakwah menikahlah dengan aktivis juga, setidaknya punya potensi untuk menjadi aktivis atau sekedar mendukung, yang penting tidak menjadi penghalang. Menikah merupakan bagian dari dakwah itu sendiri.

Untuk urusan cinta? Percayalah! Allah pengendali hati manusia, bukan hal sulit bagi-Nya menumbuhkan cinta di antara dua hamba yang menikah karena-Nya.

No comments:

Post a Comment