Sunday, July 3, 2016

Pemimpin Idaman

Tugas utama yang paling penting bagi seorang pemimpin terhadap rakyatnya adalah mendahulukan kewajiban mereka kepada Allah seperti yang dijelaskan di dalam agama sebagai petunjuknya.

Tugas kami untuk meminta kalian memenuhi apa yang Allah perintahkan kepadamu sebagai hamba-Nya yang taat serta menjauhkan kalian dari perbuatan maksiat kepada Allah.

Kami juga harus menerapkan perintah-perintah Allah dimana mereka diperlakukan sama untuk setiap orang dalam keadilan yang nyata. Dengan begitu kita memberikan kesempatan kepada yang bodoh untuk belajar, yang lengah untuk memperhatikan dan seseorang yang sedang mencari contoh untuk diikuti.

Untuk menjadi orang berimann sejati, tidak didapatkan dengan mimpi, tapi dengan perbuatan yang nyata.

Makin besar amal perbuatan seseorang, makin besar pula balasan dari Allah, dan jihad adalah puncakhya amal kebaikan dan barang siapa yang ikut berjihad dan meninggalkan perbuatan dosa dan ikhlas terhadapnya. Sebagian orang telah ikut berjihad, tetapi jihad di jalan Allah yang sesungguhnya adalah menjauhkan diri dari dosa.

Tidak ada yang disayangi Allah Yang Maha Perkasa dan bermanfaat bagi manusia daripada kebaikan pemimpin berdasarkan pemahaman yang benar dan wawasan yang luas.

Tidak ada yang paling dibenci Allah selain ketidak tahuan dan kebodohan pemimpin.

Demi Allah, aku tidak menunjuk gubernur dan pejabat di daerah kalian, sehingga mereka bisa memukulmu atau mengambil hartamu. Aku mengirim mereka untuk membimbing kalian dalam agama kalian dan mengajarkan sunnah nabi saw.

Barngsiapa diperlakukan tidak adil, segera laporkan kepadaku.

Demi Allah yang nyawaku ada di tangan-Nya, aku akan menegakkan keadilan terhadap kezholiman mereka dan jika aku gagal, aku termasuk orang-orang yang tidak adil. Lebih baik bagiku mengganti gubernur setiap hari daripada membiarkan orang zholim sebagai pejabat dalam satu jam.

Mengganti gubernur lebih mudah daripada mengubah rakyat.

Apabila yang dibutuhkan rakyat disiapkan dengan baik untuk mengganti gubernurnya, maka itu hal yang mudah. Maka barang siapa mengurusi orang muslim, bertaqwalah kepada Allah dalam memperlakukan rakyatnya,

Kepada semua pejabat, jangan memukuli orang untuk menghinakan mereka, jangan meniadakan hak mereka dan tidak mengurus mereka. Jangan menyusahkan mereka sehingga mereka merasa berat...

#sebagian pidato Umar bin Khottob saat berhaji.
#Sumber : Film Umar

No comments:

Post a Comment