Friday, November 13, 2015

Hubungan Iman-Ibadah-Akhlak


Nggak sulit kok menjelaskan hubungan antara ketiganya, memahaminya pun relatif mudah.

Yang nggak mudah tuh, membuktikannya.

Kadang kita gagal membuktikan bahwa iman yang ada sebagai sebab dilaksanakannya ibadah dan menimbulkan rasa malu saat akhlak tak seindah iman  atau ibadah itu.

Kita ambil tiga contoh ibadah, ya?

1. Shalat

 ... Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar... (terjemah QS Al Ankabut :45)

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',
(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (Terjemah QS Al Baqarah: 45-46)

Nggak perlu dijelaskan, ayat di atas sangat mudah dipahami. Jadi, shalat yang berdasarkan imanlah yang akan membuat pelakunya menjauhi perbuatan keji dan mungkar. 

2. Puasa

 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (terjemah QS. Al Baqarah : 183)

"Puasa adalah perisai. Jika pada hari dia puasa maka janganlah berkata keji atau kasar. Jika seseorang mencelanya atau menyerangnya,  hendaknya ia berkata, ‘Saya sedang puasa’." (HR Bukhari dan Muslim).

Hanya orang beriman yang rela bersusah payah puasa yang akan menghasilkan akhlak yang baik.

3. Haji

 (Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji.  ( terjemah QS. Al Baqarah : 197)

Dari contoh tiga ibadah ini, sudah bisa, kan disimpulkan adanya hubungan erat antara iman-ibadah-akhlak?
Artinya, ini bisa kita jadikan baromater untuk diri sendiri, bagaimana kondisi iman kita? Sudahkah mampu menjadi energi untuk melaksanakan ibadah? Sudah baikkah ibadah kita sehingga akhlak yang muncul adalah mulia? 

Yang merasakan kebaikan akhlak kita adalah orang lain dan lingkungan, maka bercerminlah padanya.


No comments:

Post a Comment