Friday, June 17, 2016

Ramadhan, Melatih Konsistensi.

Banyak yang bisa kita lakukan di bulan mulia ini untuk melatih konsistensi, baik itu dari amalan ibadah, muamalah maupun skill.
Dalam hal ibadah, kita berlatih untuk tidak meninggalkan ibadah-ibadah wajib dengan memperbanyak yang sunnah. Tarawih membiasakan kita sabar untuk shalat, harapannya di luar Ramadhan tak ada lagi shalat wajib yang tertinggal.
Menjelang berbuka dan saat sahur adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa, tidak ada salahnya kita melibatkan orang lain untuk mengaminkan dengan menuliskan harapan itu di wall sebagai status. Bukan untuk show force ibadah, tapi untuk saling mengingatkan waktu mustajab untuk melangitkan doa. Ada juga yang konsisten membuat status berupa quote cantik setiap harinya, tentu ini sangat bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya.
Kita pun bisa menggunakan momen Ramadhan untuk konsisten berlatih menulis. Usahakan ada coretan yang kita buat untuk menandai hari-hari yang berlalu. Selain untuk memperhalus kepekaan menulis, juga melatih meramu kata agar lebih enak dibaca. Bisa kita lakukan di wall fb, blog atau grup menulis. Tulisan-tulisan itu akan menjadi dokumen sebagai jejak langkah-langkah kecil kita meniti jalan ini.
Kalau kita melakukannya dengan santai, maka tak akan terasa berat, tak merasa dituntut, tidak juga dibebani target. Santai tapi terukur.

No comments:

Post a Comment