Wednesday, June 3, 2015

Membangun Citra Diri

CITRA DIRI = Pandangan yang kita buat tentang diri kita sendiri.

1. Dalam akidah

- memaksa dan terus meningkatkan kualitas akidah yg lurus (untuk diri sendiri)
-  toleran dengan akidah orang lain karena terkait dengan hidayah dan pemahaman, berusaha meluruskannya sebisa mungkin, mengembalikan hasilnya pada kehendak Allah.

2. Dalam ibadah

-menyadari sepenuhnya, belum layak masuk ke dalam golongan ahli ibadah, tapi terus berupaya meningkatkan kualitas keikhlasan dan kuantitas ibadah. Berupaya setiap aktivitas diniatkan sbg ibadah sbg tugas hidup dan tujuan diciptakannya.

- menghargai ibadah orang lain, sekecil apapun dan berhusnudzon tentang keikhlasannya. Saling mengingatkan untuk meningkatkan kualitas dan kualitas ibadah dengan cara simpatik dan menghindari menilai keikhlasan ibadah orang lain.

3. Dalam hal akhlak:

- Menyadari sepenuhnya bahwa akhlak diri masih harus terus diperbaiki. Baik akhlak kepada Allah, Rasul, Al Qur'an, orang tua, suami, anak-anak, masyarakat dll.

- Mengutamakan husnudzon saat melihat akhlak orang lain yg kurang berkenan di hati, mereka juga sdg dalam proses memperbaiki diri, ikut membantu dlm upaya perbaikan itu bila ada kesempatan.

4. Dalam dakwah

-Bersyukur dengan kesempatan dakwah yang diberikan Allah dan menggunakan kesempatan itu sebaik-baiknya.

- Memilih cara dakwah dengan sikap bijaksana dan penjelasan yang baik, bila perlu berdiskusi bahkan berbantahan, tetap dengan cara yang baik. Menahan diri untuk tidak terpancing bersikap yang tidak layak dan menimbulkan kebencian terhadap orang-orang yang masih berpotensi menjadi lebih baik.

- Meninggalkan tempat saat di sana terjadi pelecehan terhadap Islam dan yang terkait dengannya, dan tak ada kemampuan untuk meluruskannya.

Tulisan di atas adalah contoh membangun citra diri. Setiap orang bisa berbeda sudut pandang dalam hal ini. Ada yang melihatnya dari sisi kekeluargaan, persahabatan, profesi, talenta, dll.

Dengan membangun citra diri, setidaknya ada gambaran, dalam hal apa akan dilakukan perbaikan diri. Ada juga yang mengatakan, citra diri adalah apa yang kita inginkan orang memandang kita.

No comments:

Post a Comment