Thursday, April 7, 2016

N3 Dalam Dunia Kepenulisan

N3 adalah konsep jawa dalam proses meraih sukses.

Konsep N3 bisa kita terapkan dalam dunia kepenulisan.

N ke1 : Niteni (memperhatikan, meneliti, menandai)

N ke 2: Nerokke (menirukan, duplikasi)

N ke 3 : Nambahi (menambahkan)

Ketika kita terkagum dengan kesuksesan seorang penulis, dan ingin mendapatkan nasib serupa, maka yang pertama harus kita lakukan adalah mempelajari hal apa yang sangat menarik sehingga hasil karyanya disukai banyak orang. Kemudian memperhatikan proses yang dijalani, perjuangan dan kerja kerasnya serta pengorbanan-pengorbanannya selama ini. Masing-mqsing orang mungkin berbeda fokus dalam memperhatikan hal-hal yang dianggap penting dalam proses menuju sukses.

Kemudian berusaha menirukan. Ada yang menirukan secara total, baik itu kebiasaan penulis dalam melahirkan karya, cara menjaring dan mengolah ide, ketekunan dan kesabaran menanti hasil, dll.
Ada yang bersabar, sampai tahap ini terus berproses tanpa memunculkan karya sebelum menemukan kekhasan dirinya, ada juga yang langsung beraksi menunjukkan hasil. Bisa ditebak, karyanya akan mirip dengan yang ditirunya, baik sebagian maupun keseluruhan. Pasti gagal? Tidak, karena banyak kejadian follower lebih sukses secara materi dibandingkan  dengan trandmaker. Tapi biasanya kesuksesan itu tak akan berumur lama.

Nambahi bisa kita maknai sebagai proses adaptasi hasil duplikasi dengan potensi diri. Maka akan muncul hasil karya yang memiliki ciri khas dan akan menjadi branding.

No comments:

Post a Comment