Thursday, February 19, 2015

Mendidik Bersama


Komentar seorang teman terhadap suvenir walimah anak sulung kami:

Membaca buku ini, membuatku semakin kagum dengan sosok seorang ibu bernama Neny Suswati. Kagum dan membuatku ingin tahu, bagaimana cara beliau mendidik keenam putra-putrinya. Tiga orang sudah hafidz lho! Keren kan? Orang tua muslim mana yang tidak ingin anaknya hafidz atau hafidzoh?
Putra kedua Umi Neny, sekarang sekolah setingkat SMA di Turki. Dapat beasisiswa karena hafidz.
Dan semakin kagum saat seorang pemuda bernama Hilmy, yang belum genap dua puluh tahun berhasil meyakinkan kedua orangtuanya untuk menikah. Merencanakan dengan matang keinginan dalam hidupnya. Hellooo.... belum genap dua puluh lho! Dulu umur segitu kita ngapain ya?
Hilmy, bisa menjadi seperti itu juga nggak mungkin instan. Ada wajah Abi Rosidin dan Umi Neny Suswati di sebaliknya, yang menurutku benar benar keren cara mendidiknya. Bukan cinta biasa yang beliau berdua limpahkan kepada putra-putrinya, melainkan cinta yang luar biasa.

Subhanallah! Malu rasanya! Aku tak sehebat itu, apalagi keren?

Semoga komentar-komentar seperti ini tidak melenakan dan memaksa kami mengakui sesuatu yang tidak kami kerjakan.

Satu hal yang perlu kita pahami, bahwa mendidik anak tidak bisa sendiri. Pasti ada pihak lain yang juga berperan dalam proses menjadinya anak kita seperti apa. Jika ada orang tua yang sepenuhnya mendidik anak tanpa campur tangan pihak lain dan sukses, maka benar-benar dia seorang yang luar biasa dan sangat keren. Tapi itu bukan kami! Begitu banyak pihak yang ikut andil dalam kesuksesan pendidikan anak-anak kami, kalau hafidz/oh Al Qur'an diakui sebagai parameter kesuksesan.

Bersyukur itu pasti, karena diberi anugerah yang luar biasa. Berbangga? Malu!

Menjadi hafidz qur'an memang bukan hal mudah, penuh tekad kuat dan kesungguhan. Satu lagi, motivasi yang tak boleh berhenti. Tapi itu semua tak akan berarti tanpa izin Allah dan kemudahan yang diberikan-Nya.

Aku pernah menuliskannya di blog ini juga.

http://nenysuswati.blogspot.com/2013/08/ummahatul-hafizzul-qur-an.html

http://nenysuswati.blogspot.com/2013/08/motivasi-dan-pendampingan.html

http://nenysuswati.blogspot.com/2013/08/jus-jambu.html


No comments:

Post a Comment