Friday, February 6, 2015

Beda Motivasi

Kasus 1

Beberapa wanita yang aktif di sosmed, sering kali mengunggah foto makanan yang sedang dinikmati atau hasil masakannya. Bila ditanya alasannya, beberapa kemungkinan jawaban yang biasa kita dapat.

A : Saya sih, untuk iseng aja

B : Saya berharap, si fulan/nah melihatnya.

C : Pernah suatu hari, saya bingung mau menyajikan menu apa untuk keluarga. Saat saya membuka fb, ada seorang teman yang mengunggah menu tertentu. Saya terinspirasi bahkan ingin mencicipi masakan itu, dan itu sangat menolong saat saya sedang mati ide membuat hidangan. Saya berharap, foto makanan yang saya unggah, bisa menginspirasi teman lain.

Kasus 2

Beberapa ibu senang mengunggah gambar atau aktivitas balitanya. Apa motivasinya?

A : Iseng, seneng aja memperhatikan dan menunjukkan kelucuan mereka.

B : Membesarkan hati anak dengan menunjukkan kebolehan dan kelebihan mereka.

C : Mendidik anak bukan masalah gampang, walaupun secara teori dianggap sudah matang dengan banyak membaca dan mengikuti pelatihan parenting skill. Tapi, manusia itu unik dan penuh misteri. Teori apapun tidak ada yang sempurna menggambarkan perkembangan seorang anak. Itu sebabnya dibutuhkan sebanyak-banyaknya referensi berdasarkan pengalaman orang lain, bagaimana perkembangan anak dan cara orang tua membimbingnya. Harapannya, apa yang saya bagikan di sosmed, bisa memberikan masukan untuk orang tua lain.

Kasus 3

Perhatikan jawaban balita saat ditanya,"Bapak ke mana?"

A : Pergi

B : Pergi cari duit, untuk beli mainan Adek.

C : Mencari ridho Allah

Bagaimana balita bisa menjawab seperti itu?

Bisa jadi itulah yang sering didengar atau disampaikan oleh orang tuanya.

Sepele ya? Tapi pengaruh pada kejiwaannya tidak bisa dianggap sepele.

Motivasi! Ya!

Itulah yang akan membedakan nilai dari suatu perbuatan yang sekilas nampak sama.

Di mana pengaruhnya?

1. Pada semangat pada saat melakukan sebuah amal.

2. Pada kondisi kejiwaan saat menerima hasil.

3. Pada nilai di hadapan Allah, bukankah nilai sebuah amal tergantung niatnya?

No comments:

Post a Comment